Gejala Penyakit Curek atau Congek

Gejala Penyakit Curek atau Congek - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai tanda-tanda atau gejala penyakit curek yang dirasakan penderitanya. Untuk lebih lengkapnya mengenai ciri-ciri penyakit curek atau penyakit congek, simak sajian informasinya berikut ini.

Gejala Penyakit Curek atau Congek

Penyakit Curek atau Congek ini adalah suatu kondisi di mana terjadinya peradnagna kronis pada telinga tengah dengan genderang telinga berlubang disertai dengan keluarnya cairan dari telinga lebih dari 2 bulan dan terjadi secara terus menerus atau hilang dan timbul tak menentu. Telinga berair ini biasanya menimbulkan aroma tak sedap yang cukup menyengat dan berwarna kekuningan, kehijauan atau juga berwarna bening. Apabila penyakit curek ini dibiarkan begitu saja tenpa pengobatan, maka akan mengakibatkan gangguan pendengaran.

Penyebab Penyakit Curek

Secara umum, 90% penyebab penyakit curek (congek) ini berawal dari infeksi saluran nafas atas seperti pilek yang terjadi dalam jangka waktu yang lama, sakit tenggorokan dan selanjutnya menjalar ke telinga bagian tengah.

Faktor lain yang menjadi pemicu terjadinya penyakit curek ini adalah bisa melalui lubang telinga luar biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak, penyebabnya adlah karena keadaan tuba-nya lebih luru dan lebar dan kekebalan tubuhnya yang belum sempurna, sehingga jika tejadi infeksi pada saluran nafas atas, maka akan sangat mudah untuk menjalar ke telinga bagian tengah.

Gejala Penyakit Curek atau Congek
 
Gejala atau ciri-ciri timbulnya penyakit curek ini biasanya terjadi dan dirasakan oleh penderitanya, biasanya meliputi beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Biasanya akan timbul keluhan dengan gejala seperti telinga  terasa penuh dengan tanpa alasan atau penyebab yang pasti
  • Pada bagian dalam telinga akan terasa gatal, juga bisa ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang juga disertai dengan darah
  • Penyakit curek ini terkadang juga tidak menimbulkan gejala yang bisa dirasakan oleh penderitanya.
  • Demam
  • Nafsu makan menurun
  • Telinga penderita penyakit curek akan mengeluarkan cairan yang menimbulkan bau yang menyengat
Cara Pencegahan Penyakit Curek (Congek)
  • Jika terkena batuk pilek, sebaiknya segera diobati agar tidak menyebar ke luar telinga yang bisa menimbulkan curek
  • Jika terkena alergi hidung atau penyakit gangguan hidung lainnya segera obati agar infeki tidak mejalar ke telinga bagian dalam
  • Jangan sampai menutupi kedua hidung saat Anda bersin untuk mengeluarkan ingus atau saat flu/pilek
  • Jaga kebersihan telinga, jangan sampai kemasukan air pada saat Anda melakukan olahraga rengan, saat mandi, keramas, atau berbagai aktivitas lain yang berhubungan dengan air.
Cara Mengobati Penyakit Curek

Metode penyembuhan penyakit curek dewasa ini sangat beragam. Dimulai dari pengobatan secara medis, hingga pengobatan dengan metode alternatif. Cara mengobati curek yang kami rekomendasikan kepada Anda adalah dengan menggunakan obat tradisional yang telah teruji secara klinis aman mengobati tanpa menimbulkan efek samping. Simak sajian informasi lengkapnya di >> Obat Penyakit Curek.

Itulah sajian informasi mengenai beberapa gejala penyakit curek atau congek. Dengan mengetahui tanda-tanda penyakit curek di waktu dini, diharapkan Anda bisa segera mengambil tindakan dan langkah penyembuhan untuk mengobati keluhan penyakit curek yang Anda derita dan meminimalisir resiko parahnya penyakit curek itu sendiri, hingga proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat. Semoga bermanfaat..

0 Response to "Gejala Penyakit Curek atau Congek"

Post a Comment