Macam-macam Penyakit yang Menyerang Telinga

Macam-macam Penyakit yang Menyerang Telinga - Telinga tidak hanya berfungsi sebagai alat mendengar saja, tetapi juga membantu keseimbangan tubuh ketika bergerak. Oleh karena itu, tidak heran jika terjadi suatu gangguan pada telinga akan membuat kita merasa kesulitan dalam pendengaran, pusing dan memicu sakit kepala.

Telinga kita memiliki banyak bagian berbeda, termasuk Canal Telinga, Telinga Tengah, dan Telinga Dalam, dimana syaraf akan mengirimkan sinyal suara dan perasaan yang berkaitan dengan keseimbangan ke otak. Semua bagian telinga beresiko terkena infeksi dan menimbulkan kerusakan kecil atau serius pada telinga.

Macam-macam Penyakit yang Menyerang Telinga

Macam-macam Penyakit yang Menyerang Telinga
Adapun beberapa jenis penyakit telinga yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut :

1. Swimmer's ear

Penyakit ini adalah infeksi pada canal telinga, tabung yang menghubungkan telinga dalam dengan pinna, bagian luar telinga yang berada di samping telinga. Infeksi bakteri pada canal telinga ini biasanya membuktikan bahwa itulah penyebab penyakit swimmer's ear. Meskipun berenang menyebabkan infeksi, namun air yang masuk ke dalam telinga bisa membuat canal telinga beresiko terkena infeksi.

2. Penyakit meniere

Ini merupakan gangguan pada telinga yang berefek pada telinga bagian dalam. Menurut ahli, penyakit ini diakibatkan oleh cacatnya fungsi teling dalam, karena cairan yang berlebihan sehingga menyebabkan tekanan pada telinga dalam menjadi naik dan mempengaruhi pendengaran.

3. Vestibular neuritis

Ketika syaraf vestibular yang terletak di telinga dalam membengkak dan teriritasi, maka akan menimbulkan penyakit vestibular neuritis. Beberapa ahli percaya penyebabnya adalah karena infeksi viral. Namun, ada juga yang mengatakan orang yang meiliki kondisi vestibular neuritis tidak memiliki gejala flu atau pilek.

4. Herpeps zoster otitis

Penyakit ini disebabkan oleh virus vericella-zoster, yang terbukti menjadi penyebab cacar air, juga menyebabkan penyakit telinga. Penyakit ini terjadi karena infeksi viral yang menyebar ke syaraf wajah dan telinga bagian dalam. Gejalanya alaah rasa sakit di telinga, kemerahan di daerah telinga dan wajah tejadang mengalami mati rasa. Orang yang terinfeksi penyakit ini mungkin akan mendengar suara yang abnormal atau mengalami gangguan pada pendengarannya, vertigo, dan sakit kepala.
Itulah beberapa macam penyakit telinga yang umum menyerang manusi. Terima kasih telah menyimak sajian Macam-macam penyakit yang menyerang telinga, semoga bermafaat..

0 Response to "Macam-macam Penyakit yang Menyerang Telinga"

Post a Comment